Pages

Minggu, 26 Oktober 2014

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

By Unknown   Posted at  01.50   No comments



Saat ini atau mungkin lebih tepat dikatakan “zaman ini”, sudah sangat jauh berbeda dengan keadaan 20 atau 10 tahun yang lalu. Perkembangan teknologi komunikasi informasi yang sangat cepat dan pesat menuntut manusia - terutama mereka yang tinggal di daerah perkotaan  - untuk “mau tidak mau” selalu terhubung ke perangkat-perangkat “pembantu” mereka yang biasa disebut “gadget”. Komputer PC desktop, komputer PC laptop, smartphone, komputer tablet dan berbagai macam perangkat lainnya sudah sangat melekat pada diri manusia pada zaman ini. Dapat dikatakan bahwa perangkat-perangkat tersebut sudah bukan lagi hanya berfungsi sebagai perangkat untuk menelpon, mengirimkan pesan berbasis teks (SMS), mengakses Internet atau sekedar sebagai “alat penghibur” untuk mendengarkan musik atau menonton video. Tapi lebih dari itu, sudah dapat dikatakan perangkat-perangkat tersebut sudah berperan sebagai “otak kedua” manusia saat ini.
Hal ini terjadi  karena tuntutan terhadap kebutuhan dan proses informasi yang sangat tinggi bagi manusia karena perkembangan zaman yang terus melaju dengan cepat. Informasi telah menjadi sesuatu yang sangat vital saat ini. Seperti yang dinyatakan oleh Robert M. Grant, “Information is the basis of competitive advantage” atau “Informasi adalah dasar dari keutungan kompetitif”, di mana berarti informasi adalah dasar bagi setiap profesional, organisasi atau perusahaan dalam berkompetisi.
Berbagai macam perangkat ataupun infrastruktur komunikasi dan informasi telah menjadi tulang punggung hampir seluruh sektor kehidupan manusia. Salah satu contoh yaitu dalam sektor bisnis dan pendidikan. Seorang marketer dapat lebih mudah melakukan pemasaran produk-produknya melalui jaringan Internet, seorang agen dapat terhubung dengan klien-kliennya tanpa harus selalu bertatap muka secara langsung, seluruh data pembeli ataupun klien dapat dikelola dengan lebih tersistem dan aman menggunakan perangkat lunak sistem database, seorang profesional atau pekerja yang ingin kembali melanjutkan pendidikan tingginya dapat memilih layanan online learning yaitu layanan di mana sistem pembelajaran bagi mahasiswa diterapkan secara online. Ini semua hanyalah sebagian contoh kecil yang menggambarkan hubungan antara manusia dan berbagai macam perangkat komunikasi dan informasi yang sangat dekat.
Itu sebabnya manusia menjadi begitu bergantung pada perangkat-perangkat teknologi komunikasi dan informasi untuk membantu mereka dalam mendapatkan, memberikan, memproses atau menyimpan berbagai macam jenis informasi yang mereka butuhkan.  



Referensi:
https://staff.blog.ui.ac.id/harrybs/2009/04/21/perkembangan-tik-di-bidang-pendidikan-di-indonesia/
- http://www.lemhannas.go.id/portal/images/stories/humas/jurnal/edisi16/jurnal%20edisi%2016_materi%205.pdf
- http://mifta.or.id/read/press-release-teknologi-informasi-dan-komunikasi-bagi-bangsa-indonesia-ict4ina-542.html

About the Author

Hanya seorang mahasiswa biasa yang selalu berusaha untuk menjadi luar biasa.
View all posts by: BT9

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

    Popular Posts

    Sample text

    Social Icons

    Featured Posts

What they says

© 2013 ANTI CYBER CRIME. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.