Pages

Minggu, 26 Oktober 2014

Mencegah Cyber Crime

By Unknown   Posted at  03.17   No comments





Dari semua yang telah kita bahas pada topik-topik sebelumnya mengenai cyber crime, tentu bagi mereka yang sering berkecimpung dalam dunia TI - khususnya sebagai end user - akan muncul pertanyaan: Apakah cyber crime dapat dicegah? Kalau bisa, bagaimana caranya?
Hal yang terutama penting bagi siapapun yang ingin melakukan pencegahan terhadap berbagai tindakan cyber crime adalah mendapatkan informasi tentang cara-cara pencegahan tersebut dan mempraktekannya dengan baik. Dengan benar-benar mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh para ahli keamanan komputer maka keamanan pengguna akan sangat terjamin dan akan sangat mempersulit sang pelaku kriminal untuk melakukan aksinya.
Untuk mendapatkan informasi-informasi itu sendiri sangatlah mudah. Ada begitu banyak situs keamanan komputer yang memberikan tips-tips tentang pencegahan terhadap tindakan cyber crime. Sang pengguna hanya perlu meminta bantuan kepada situs pencari paling terkenal di jagat raya, www.google.com, dan pengguna akan langsung diperhadapkan dengan berbagai macam situs tersebut, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Pengguna dapat mengetikan kata kunci seperti “Tips-tips mencegah kejahatan dunia maya”, atau untuk mendapatkan hasil situs-situs luar negeri pengguna dapat menggunakan bahasa Inggris seperti “How to prevent cyber crime”.
Di bawah ini akan disajikan tips-tips dari situs perusahaan Dell, www.dell.com, tentang pencegahan terhadap berbagai tindakan cyber crime. Di bawah ini adalah 10 tips dari situs perusahaan tersebut:
1.      Edukasi
Hacker bukanlah satu-satunya pihak yang dapat memperoleh keuntungan dari informasi. Dengan rajin mendapatkan informasi untuk keperluan edukasi terutama tentang topik-topik kejahatan dunia maya itu sendiri, akan membuat pengguna selalu satu langkah di depan sang hacker.
2.      Menggunakan Firewall
Pastikan untuk selalu mengaktifkan firewall. Hal ini karena firewall bekerja dengan memonitor lalu lintas data antara komputer pengguna atau jaringan, dan Internet. Firewall menjadi “tembok” pertahanan pertama bagi berbagai serangan terhadap komputer pengguna. Jangan lupa juga untuk selalu mengaktifkan perangkat-perangkat lunak keamanan komputer seperti anti virus, IDS dll.
3.      Berhati-hati Ketika Mengklik
Ketika pengguna sedang mengakses e-mail atau sedang melakukan aktivitas chating dengan aplikasi perpesanan instan (Instant Messenger), pastikan untuk tidak mengklik link yang berasal dari orang atau pihak atau siapapun pengirim yang tidak dikenal. Link tersebut dapat mengarah ke website palsu yang akan meminta identitas asli sang pengguna. Bahkan juga, sekalipun pesan e-mail yang diterima berasal dari pengirim yang dikenal, sang pengguna tetaplah harus berhati-hati dengan memperhatikan file yang akan di download, karena bisa jadi adanya malware yang terkandung di dalam file tersebut.
4.      Melakukan Aktivitas Suring Dengan Aman
Pengguna sangat perlu untuk berhati-hati ketika mengakses website-website terutama website-website yang meminta identitas pribadi, atau website-website  yang tidak terlalu jelas, karena dikhawatirkan akan menyebarkan malware.
5.      Melakukan Aktivitas Belanja Online Dengan Aman
Ini adalah salah satu bagian yang paling sering menjadi obyek serangan kejahatan di dunia maya. Itu sebabnya pengguna benar-benar harus berhati-hati terutama ketika ingin melakukan transaksi secara online. Pastikan telah berada di situs yang benar  yaitu dengan melihat secara teliti nama situs tersebut. Pengguna juga dapat mengecek sertifikat keamanan dari situs tersebut dan juga protokol yang digunakan, apakah yang terenkripsi atau bukan, seperti “https”.
6.      Menggunakan Perangkat Lunak Keamanan dan Selalu Memperbaruinya
sangat wajib untuk menggunakan perangkat lunak keamanan yang selalu diperbarui (updated). Juga sangat perlu untuk selalu memperbarui Sistem Operasi dan aplikasi browser yang digunakan.
7.      Mengamankan Jaringan Wireless
Salah satu area favorit bagi hacker untuk melakukan aksinya adalah pada jaringan wireless. Itu sebabnya sangat amat penting untuk mengamankan jaringan wireless pengguna. Pengguna dapat mengaktifkan firewall pada router, mengubah username dan password administrator.
8.      Menggunakan password yang unik
Password yang dimaksud unik di sini adalah password yang tidak mudah ditebak. Jauhi penggunaan password yang sesuai  dengan identitas asli pengguna, dan usahakan memberikan kombinasi dalam penggunaan password seperti penggunaan abjad, angka dan tanda baca.
9.      Selalu waspada
Selalu teliti dalam melakukan segala aktifitas berselancar di dunia maya terutama ketika akan melakukan hal-hal yang penting seperti ketika akan login ke akun e-mail, sosial media, atau ketika akan melakukan transfer uang secara online dll.

10.  Jangan pernah berhenti belajar
Jangan pernah berhenti untuk terus mencari informasi dan belajar tentang perkembangan teknologi informasi karena para hacker adalah orang-orang  yang cerdas  yang selalu belajar dan meningkatkan kemampuannya. Itu sebabnya para penggunapun harus tetap terus belajar dan juga  meningkatkan kemampuannya.



Referensi:
https://www.crimecommission.gov.au/organised-crime/crime-enablers-and-pathways/cybercrime
http://us.norton.com/cybercrime-prevention
http://www.rcmp-grc.gc.ca/tops-opst/tc-ct/cyber-tips-conseils-eng.htm

About the Author

Hanya seorang mahasiswa biasa yang selalu berusaha untuk menjadi luar biasa.
View all posts by: BT9

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

    Popular Posts

    Sample text

    Social Icons

    Featured Posts

What they says

© 2013 ANTI CYBER CRIME. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.